RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD
NEGERI 001 KARUNGAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pokok :
Sumber Daya Alam
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Standar
Kompetensi
11.
Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
B.
Kompetensi Dasar
11.1 Menjelaskan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.
C.
Indikator
11.1.1 Mengenal
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.1.2 Menuliskan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.1.3 Mendiskripsikan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
D. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat mengenal hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan
b.
Siswa dapat menuliskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
c.
Siswa dapat mendiskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan
lingkungan
E. Materi Ajar
a. Sumber Daya Alam dan Lingkungan
1. Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang
berasal dari alam. Sumber daya alam
digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kesejahteraannya.
a. Berdasarkan
jenisnya, sumber daya alam di bagi atas dua yaitu :
1. Sumber
daya alam hayati, merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup,
seperti kursi, makanan dan wol. Sumber daya alam hayati berasal dari hewan
maupun tumbuhan.
2. Sumber
daya alam non hayati, merupakan sumber daya alam yang bukan berasal dari
makhluk hidup, seperi sinar matahari, udara, air dan tanah. Selain itu, ada
pula sumber daya alam non hayati yang berasal dari dalam bumi. Seperti, bahan
tambang dan minyak bumi.
b. Berdasarkan
sifatnya, sumber daya alam dibagi atas dua yaitu :
1. Sumber
daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang memiliki
sifat dapat pulih kembali. Dengan sifat tersebut, sumber daya alam ini dapat
terus digunakan dan tidak akan pernah abis. Contohnya, air, hewan dan tumbuhan.
Alasan mengapa air, hewan dan tumbuhan
termasuk dalam sumber daya alam yang
dapat diperbaharui :
Ø Air
merupakan sumber daya alam yang secara terus menerus mengalami pembaharuan.
Pembaharuan tersebut terjadi dengan cara daur air.
Ø Hewan
dan Tumbuhan juga termasuk kedalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui.
Hal itu disebabkan hewan dan tumbuhan dapat berkembang biak dan menghasilkan
keturunan.
2. Sumber
daya alam yang tidak dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang akan
habis apabila digunakan secara terus menerus. Contohnya, minyak bumi, batu
bara, gas alam dan bahan tambang lainnya.
2. Hubungan antara Sumber Daya Alam dan
Lingkungan.
Coba perhatikan diri masing-masing, apa yang kamu rasakan saat bernafas?
Kamu akan merasakan adanya udara yang masuk. Udara yang kamu hirup merupakan
sumber daya alam. Lingkungan terdapat banyak sekali sumber daya alam yang dapat
dimanfaatkan. Lingkungan merupakan tempat bagi sumber daya alam. Kita dapat
memanfaatkan sumber daya alam dengan baik jika lingkungan berada dalam kondisi
yang baik. Jika lingkungan terjadi kerusakan maka sumber daya alam pun tidak
bisa dimanfaatkan dengan baik.
Kerusakan lingkungan dapat
menyebabkan mutu sumber daya alam menjadi tidak bagus. Selain itu, kerusakan
lingkungan juga dapat menyebabkan sumber daya alam hilang atau habis. Contoh
kerusakan lingkungan yang dapat mengurangi mutu mutu sumber daya alam adalah
pencemaran sungai. Jika terjadi pencemaran sungai maka sumber daya alam yang
ada di sungai seperti ikan akan mati atau dalam tubuhnya mengandung racun.
Oleh karena itu, agar kita dapat
memanfaatkan sumber daya alam debgan baik, maka
kita harus memelihara kebersihan linkungan dimana lingkungan merupakan
tempat sumber daya alam itu berada. Hal itu disebabkan sumber daya alam sangat
berhubungan dan tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan.
.
F.
Metode
atau Model Pembelajaran.
a.
Metode : Ceramah dan Learning Together (
kooperatif )
b.
Model
: Think Pair And Share dan Cooperative Script
G. Kegiatan
Pembelajaran.
Kegiatan
awal ( 5 menit)
a.
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b. Motivasi.
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai.
Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
F Guru
menyampaikan materi pokok yang akan di pelajari.
F Siswa
mencari informasi tentang hubungan sumber daya alam dengan lingkungan.
F Siswa
bertanya jawab tentang hubungan sumber daya alam dengan lingkungan.
Elaborasi
F Guru
membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.
F Guru
membagikan materi kepada masing-masing kelompok.
F Setelah
masing-masing kelompok telah mendapatkan materi atau tugas, guru mempersilakan
masing-masing kelompok untuk mendiskusikan materi/tugas tersebut.
F Guru
memberikan kesempatan kepada perwakilan kelompok/ ketua untuk mempresentasikan
hasil diskusi kelompok.
F Guru
meminta kepada kelompok yang lain untuk memperhatikan kelompok yang sedang
presentasi.
Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman,
memberikan penguatan.
Kegiatan Penutup (5 menit)
a.
Guru bersama-sama dengan
siswa menarik kesimpulan dari materi yang disampaikan.
b.
Memberikan tugas rumah.
c. Berdoa.
H. Media dan Sumber Belajar
Media : Gambar tentang
hubungan sumber daya alam dengan linggkungan
Sumber belajar : Buku Pengetahuan Alam
untuk Kelas IV SD/MI Penulis : S. Rositawaty dan Aris Muharam.
I. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
11.1.1 Mengenal
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.1.2
Menuliskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.1.3 Mendiskripsikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
1.
Apa yang dimaksud dengan sumber daya
alam ?
2. jelaskan
macam-macam sumber daya alam berdasarkan sifatnya!
3. Berikan
contoh sumber daya alam hayati dan dapat diperbaharui!
4.
Bagaimana hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan ?
|
Kunci
Jawaban :
1. Sumber
daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam. Sumber daya alam digunakan oleh manusia untuk memenuhi
kebutuhan hidup dan kesejahteraannya.
2. Berdasarkan
sifatnya, sumber daya alam dibagi atas dua yaitu :
a. Sumber
daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang memiliki
sifat dapat pulih kembali. Dengan sifat tersebut, sumber daya alam ini dapat
terus digunakan dan tidak akan pernah abis. Contohnya, air, hewan dan tumbuhan.
Alasan mengapa air, hewan dan tumbuhan
termasuk dalam sumber daya alam yang
dapat diperbaharui :
Ø Air
merupakan sumber daya alam yang secara terus menerus mengalami pembaharuan.
Pembaharuan tersebut terjadi dengan cara daur air.
Ø Hewan
dan Tumbuhan juga termasuk kedalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui.
Hal itu disebabkan hewan dan tumbuhan dapat berkembang biak dan menghasilkan
keturunan.
b. Sumber
daya alam yang tidak dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang akan habis apabila digunakan secara
terus menerus. Contohnya, minyak bumi, batu bara, gas alam dan bahan tambang
lainnya.
3. Sumber
daya alam hayati seperti kursi, makanan dan wol. Sumber daya alam hayati berasal dari hewan maupun tumbuhan.
Sumber daya alam non hayati, seperi
sinar matahari, udara, air dan tanah. Selain itu, ada pula sumber daya alam non
hayati yang berasal dari dalam bumi. Seperti, bahan tambang dan minyak bumi.
4. Hubungan
antara sumber daya alam dengan lingkungan adalah Lingkungan merupakan tempat
bagi sumber daya alam. Kita dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan baik
jika lingkungan berada dalam kondisi yang baik. Jika lingkungan terjadi
kerusakan maka sumber daya alam pun tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Oleh
karena itu, agar kita dapat memanfaatkan sumber daya alam debgan baik,
maka kita harus memelihara kebersihan
linkungan dimana lingkungan merupakan tempat sumber daya alam itu berada. Hal
itu disebabkan sumber daya alam sangat berhubungan dan tidak dapat dipisahkan
dengan lingkungan.
Catatan:
Penskoran, jika betul semua skor maksimal 20
Nilai akhir = ( nilai yang diperoleh : nilai maksimal ) x 100
F Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
F Untuk yang memenuhi KKM akan
diadakan pengayaan.
Tarakan, 9 Mei 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
Muhsina
Annisa, M.Pd Tri Sutrisno
Nip : Nip
: 10.601050.064
1 komentar:
mohon ijin save dan terimakasih sangat membantu..
Posting Komentar