Rabu, 11 Juli 2012

IPS KELAS 3 SD


1.      Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan
Tahukah kamu pekerjaan orang tuamu? Apa pekerjaan orang tuamu? Mengapa orang tua kita bekerja? Tentunya orang tua kita bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Demikian juga orang lain di sekitar kita, mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan.
Jadi, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus bekerja. Pekerjaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan ekonomi.
            Jenis-jenis pekerjaan :

a. Penjahit membuat pakaian dan celana. Penjahit akan memperoleh upah setelah jahitan selesai. Tukang kayu membuat meja dan kursi. Setelah pesanan selesai, ia mendapat upah. Barang-barang yang kita butuhkan merupakan hasil dari pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain petani, peternak, nelayan, dan tukang jahit. Selain pekerjaan yang menghasilkan barang, ada juga pekerjaan yang menghasilkan jasa atau layanan.

b. Guru dan dokter juga termasuk pekerjaan. Guru dan dokter tidak menghasilkan barang. Akan tetapi menghasilkan jasa. Guru memberikan ilmu. Dokter mengobati pasien yang sakit. 

No.
Pekerjaan
Tugas
1
Guru
Memberikan ilmu
2
Dokter
Memberikan layanan kesehatan
3
Polisi
Menjaga keamanan
4
Tentara
Menjaga pertahanan
5
Pelawak
Menghibur
6
Wartawan
Mencari berita
7
Pilot
Menerbangkan pesawat



a.       Alasan orang tua bekerja
Orang tua kita bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Demikian juga orang lain di sekitar kita, mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan. Apa saja kebutuhan kita? Paling tidak kita butuh makan, pakaian, dan tempat tinggal.
Kita butuh makan agar kita sehat. Kalau kita lapar kita akan mudah sakit. Kita butuh pakaian untuk menutupi tubuh kita. Tubuh kita perlu kita lindungi dari panas matahari dan udara dingin.
Kita membutuhkan tempat tinggal. Kita memerlukan rumah. Rumah merupakan tempat kita berteduh. Rumah juga berguna untuk melindungi kita dari binatang buas. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus bekerja. Pekerjaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan ekonomi.

0 komentar:

Posting Komentar