Kamis, 24 Mei 2012

RPP MATEMATIKA KELAS 4 SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDN 004 TARAKAN
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu                    :  2x 35 menit  (1 X pertemuan)      

A.    Standar  Kompetensi      :          
1.  Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
1.2.  Mengurutkan bilangan

C.    Indikator pencapaian kompetensi
1.2.1 Menulis nama dan lambang bilangan
1.2.2 Membandingkan bilangan
1.2.3 Mengurutkan bilangan

D.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat Menulis nama dan lambang bilangan
§  Siswa dapat Membandingkan dua bilangan
§  Siswa dapat Mengurutkan nilai bilangan dari yang terkecil atau terbesar

E.     Materi Ajar
Bilangan dan Lambang
  • Menulis Nama dan Lambang Bilangan
    Bilangan identik dengan angka, contohnya 580
    .000, 680.000, 780.000
  • Lambang bilangan identik dengan nama misalnya lima ratus delapan puluh ribu, enam ratus delapan puluh ribu, tujuh ratus delapan puluh ribu.
·         Membandingkan Bilangan
Membandingkan dua bilangan menggunakan notasi atau lambang :
1.< dibaca lebih kecil.
Contoh : 23.456 < 24.567
2.> dibaca lebih besar
Contoh : 36.078 > 29.876
3. = dibaca sama dengan
Contoh : 40.000 = 40.000






·         Mengurutkan Bilangan
§  Mengurutkan bilangan dari bilangan yang paling kecil
§  21.000,22.000,23.000,24.000,25.000,26.000,27.000,28.000,29.000,30.000
§  mengurutkan bilangan dari bilangan yang paling besar
§  30.000,29.000,28.000,27.000,26.000,25.000,24.000,23.000,22.000,21.000

F.     Metode Pembelajaran
Ceramah,
Tanya jawab
 Latihan

G.    Langkah-langkah Pembelajaran           :
§  Kegiatan awal
-      Guru mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran
-      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi yang di harapkan.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Guru menjelaskan pengertian nama dan lambang bilangan.
F  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara membandingkan bilangan.
F Guru dan siswa bertanya jawab tentang cara mengurutkan bilangan.
§ Elaborasi
F Guru meminta siswa mengerjakan soal / latihan yang diberikan.
F Guru meminta siswa secara bergiliran untuk mengerjakan soal yang ada di papan tulis.
§ Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab untuk mengevaluasi dan memeriksa kembali hasil pekerjaan siswa di papan tulis.
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.


H.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
§  Matematika SD untuk Kelas IV


I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.2.1 Menulis nama dan lambang bilangan

1.2.2 Membandingkan bilangan

 1.2.3 Mengurutkan   bilangan


Tugas Individu

 Isian


o  lambang bilangan dari 890.000 adalah…
o  567.878 … 567.000, notasi yang tepat untuk mengisi titik-titik  adalah…
o  789.000 …778.000, notasi yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah…
o  320.330, 19.799, 189.666, 465.000. urutan bilangan dari yang terkecil adalah…
o  767.00, 345.000, 666.000, 900.000. urutan bilangan dari yang terbesar adalah…




Tarakan,19 maret 2012

        Mengetahui                                                                               
        Kepala SDN 004 Tarakan                                    Guru Mapel IPA



        Hj.Marwiani,S.Pd                                                 Tri Sutrisno
        NIP : 19610913 198201 2 008                               NPM : 10.6010.50.064


1 komentar:

sdnklangon mengatakan...

GMN DOWNLOADNYA BANG

Posting Komentar