Kamis, 24 Mei 2012

RPP IPS KELAS 4 SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD NEGERI 001 KARUNGAN
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   V/I
Alokasi Waktu             :   1 X 20 menit

A.    Standar Kompetensi
1.      Menghargai berbagai peniggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa      Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di indonesia.
B.     Kompetensi Dasar
1.1         Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indinesia.

C.    Indikator
1.1.1        Mengenal  Peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan islam di indonesia.
1.1.2        Menuliskan contoh-contoh peniggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
1.1.3        Menjelaskan peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan islam di Indonesia.


D.    Tujuan Pembelajaran
a.      Siswa dapat mengenal peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di indonesia.
b.      Siswa dapat menuliskan contoh-contoh peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan islam di indonesia.
c.       Siswa dapat menjelaskan peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di indonesia.


E.     Materi ajar
a.      Peninggalan-peninggalan Hindu di Indonesia.
Agama Hindu masuk ke Indonesia pada tahun 78 Masehi sebagai akibat hubungan baik antara India dan Indonesia. Para brahmana dan pedagang datang ke Nusantara dengan membawa agama leluhurnya. Ketika tiba di Nusantara , agama tersebut berakulturasi dengan kepercayaan asli yang dimiliki bangsa kita. Munculnya kerajaan-kerajaan di Jawa dan Bali menjadi awal berkembangnya agama Hindu di Indonesia. Berikut adalah contoh kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia dan Peniggalanya :
1.      Kerajaan kutai berupa Yupa terletak di Kalimantan Timut dan kerajaan yang terkenal yaitu Mulawarman.
2.      Kerajaan Tarumanegara berupa prasasti Ciaureteun terletak di Jawa Barat dan kerajaan yang terkenal yaitu Purnawarman.
3.      Kerajaan Mataram Kuno berupa Candi Prambanan terletak di Jawa Tengah dan kerajaan yang terkenal yaitu Sanjaya.
4.      Kerajaan Kediri berupa Kitab Smaradahana terletak di jawa timur dan kerajaan yang terkenal yaitu Jayabaya.
5.      Kerajaan Singasari berupa Candi Singasari, Arca Joko Dolog, Prasasti Mula, Malurung, Candi Kidal, Candi Jago, Candi Kagenengan terletak di Jawa timur dan kerajaan yang terkenal yaitu Kertanegara.
6.      Kerajaan Majapahit berupa Candi Panataran, candi sumberjati, candi suku, pura Yeh Gangga, Kitab, Negarakertagama, Upacara Kasadha terletak di Jawa Timur  dan kerajaan yang terkenal yaitu Raden Wijaya, Hayam Wuruk dan Tribhuwanatungga dewi.
b.      Peninggalan-Peninggalan Budha di Indonesia.
Masuknya agama Budha di Tanah air hampir bersamaan dengan proses masuknya agama Hindu. Dari bukti-bukti yang telah di temukan, tampak bahwa para pedagang Budha telah ada sejak abad V masehi. Para biarawan dari India sering melakukan lawatan ke mancanegara. Kegiatan tersebut mengakibatkan agama Budha cepat berkembang ke negara lain termasuk, Indonesia. Berikut adalah contoh kerajaan Budha dan peninggalanya :
1.   Kerajaan Sriwijaya berupa Candi Muara Takus, Candi Biara Bahal, Prasati Telaga Batu, Prasasti Telaga Bukit, Patung Avalokiteswara yang terletak di Sumatra Selatan.
2.   Kerajaan Mataram Kuno berupa Candi Borobudur, Candi Plaosan, candi Mendut, dan Candi Kalasan yang terletak di Jawa Tengah.
3.   Kerajaan Melayu berupa Prasasti Karang Berahi terletak di Jambi.

c.       Peninggalan – Peninggalan Islam di Indonesia.
Agama islam masuk ke Indonesia melalui perantara pedagang dari Asia Barat, seperti Gujarat, Persia, dan India. Menurut sebagian ahli sejarah, kedatangan Islam di Indonesia telah ada sejak abad VII masehi. Ini di buktikan dengan debgan berita-berita Cina yang di temukan di Indonesia. Berikut adalah berbagai peninggalan sejarah seperti Nisan atau Makam yang ada pada abad X-XIII masehi. Selain itu terdapat bangunan-bangunan bersejarah islam seperti, Mesjid Raya Baiturrahman dan Mesjid Demak.


F.     Metode Pembelajaran.
Ø  Ceramah dan Learning Together ( Kooperatif )
G.    Kegiatan Pembelajaran.
Kegiatan awal ( 3 menit)
a.       Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b.      Motivasi.
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Kegiatan inti (14 menit)
Eksplorasi
F Guru menyampaikan materi pokok yang akan di pelajari.
F Siswa mencari informasi tentang peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
F Siswa bertanya jawab tentang peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.



Elaborasi
F Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.
F Guru membagikan materi kepada masing-masing kelompok.
F Setelah masing-masing kelompok telah mendapatkan materi atau tugas, guru mempersilakan masing-masing kelompok untuk mendiskusikan materi/tugas tersebut.
F Guru memberikan kesempatan kepada perwakilan kelompok/ ketua untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
F Guru meminta kepada kelompok yang lain untuk memperhatikan kelompok yang sedang presentasi.
Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan.
 Kegiatan Penutup (3 menit)
a.      Guru bersama-sama dengan siswa menarik kesimpulan dari materi yang disampaikan.
b.      Memberikan tugas rumah.
c.       Berdoa.
d.      Salam.

H.     Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Media              : Gambar Peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
b.      Sumber             : Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD/MI Penulis : Wahyudi         Djaja, Endar Wismulyani, Vina Dwi Laning.

I.       Penilaiann
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.1.1        Mengenal  Peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan islam di indonesia.
1.1.2        Menuliskan contoh-contoh peniggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
1.1.3        Menjelaskan peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan islam di Indonesia.

Tes Tulis







Uraian




1.      Tuliskan contoh peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia!
2.      Bagaimana jalur masuknya agama Hindu-Budha di indonesia?

3.      Bagaimana tindakan-tindakan yang harus kamu lakukan terhadap peninggalan-peninggalan bersejarah?
4.      Tuliskan kerajaan-kerajaan yang ada pada masa hindu di Indonesia !
5.      Siapakah raja-raja yang terkenal pada masa islam di Indonesia?
Kunci Jawaban :
1.           a. Contoh peninggalan bersejarah pada masa Hindu, seperti yupa, prasati prambanan, Candi  singasari, Candi kidal, Candi jago, Candi panataran, Candi suku, kitab, Upacara kasadha, dll.
b.      Contoh peninggalan bersejarah pada masa budha, seperti Candi muara Takus, Candi Biara      Bahal, Prasasti Telaga Batu, Prasaati Kedudukan Bukit, Candi borobudur, Candi Mendut, Candi kalasan, dll.
c.       Contoh peninggalan bersejarah pada masa islam seperti Nisan atau Makam, Masjid raya baiturrahman, dan masjid demak.
2.      a. Jalur masuknya agama Hindu ke Indonesia pada tahun 78 masehi sebagai akibat hubungan baik antara India dan Indonesia. Para brahmana dan pedagang datang ke nusantara dengan membawa agama leluhurnya. Agama tersebut berakulturasi dengan kepercayaan asli yang dimiliki bangsa kita.
b.      Jalur masuknya agama Budha ke Indonesia adalah seperti dengan adanya bukti-bukti yang telah di temukan, tampak bahwa para pedagang Budha telah ada sejak abad V masehi. Para biarawan dari India sering melakukan lawatan ke mancanegara. Kegiatan tersebut mengakibatkan agama Budha berkembang termasuk di Indonesia.
3.      Tindakan yang harus kita lakukan terhadap peninggalan bersejarah tersebut adalah kita tidak boleh merusak berbagai bentiuk peninggalan bersejarah karna peninggalan bersejarah memiliki makna masing-masing, kita rajin mengunjungi peninggalan bersejarah supaya selalu di ingat dan tidak terlupakan.
4.      Kerajaan yang ada pada masa Hindu di Indonesia seperti kerajaan kutai, tarumanegara, mataram kuno, kediri, singasari, dan majapahit.
Raja-raja yang terkenal pada masa Islam seperti, Sultan Malik Al-saleh, Raden Patah, Wali sanga, Sultan Baabbullah, Sultan hairun, Sultan Hasanuddin,dll.
 Catatan:
Penskoran, jika betul semua skor maksimal 20
Nilai akhir = ( nilai yang diperoleh : nilai maksimal ) x  100
F Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
F Untuk yang memenuhi KKM akan diadakan pengayaan.
                       



                    Tarakan, 12 April 2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                                         Guru Mapel IPS



          Neni Novitasari, M.Pd                                                            Tri Sutrisno
NIP :                                                                                              NIP : 10.601050.064




0 komentar:

Poskan Komentar