RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN 004 TARAKAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV
(Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu : 2x 35 menit
(1 X pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi :
1. Memahami dan menggunakan
sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.2. Mengurutkan bilangan
C.
Indikator pencapaian kompetensi
1.2.1 Menulis nama dan lambang bilangan
1.2.2 Membandingkan bilangan
1.2.3 Mengurutkan bilangan
D.
Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa dapat Menulis nama dan lambang bilangan
§ Siswa dapat Membandingkan dua bilangan
§ Siswa dapat Mengurutkan nilai bilangan dari yang terkecil atau terbesar
E.
Materi
Ajar
Bilangan dan Lambang- Menulis
Nama dan Lambang Bilangan
Bilangan identik dengan angka, contohnya 580.000, 680.000, 780.000 - Lambang bilangan identik dengan nama misalnya lima ratus delapan puluh ribu, enam ratus delapan puluh ribu, tujuh ratus delapan puluh ribu.
·
Membandingkan Bilangan
Membandingkan dua bilangan menggunakan notasi atau
lambang :
1.< dibaca lebih kecil.
Contoh : 23.456 < 24.567
2.> dibaca lebih besar
Contoh : 36.078 > 29.876
3. = dibaca sama dengan
Contoh : 40.000 = 40.000
·
Mengurutkan Bilangan
§
Mengurutkan bilangan dari bilangan yang paling kecil
§
21.000,22.000,23.000,24.000,25.000,26.000,27.000,28.000,29.000,30.000
§
mengurutkan bilangan dari bilangan yang paling besar
§
30.000,29.000,28.000,27.000,26.000,25.000,24.000,23.000,22.000,21.000
F.
Metode
Pembelajaran
Ceramah,
Tanya
jawab
Latihan
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
§ Kegiatan awal
-
Guru mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya
masing-masing untuk mengawali pelajaran
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian
kompetensi yang di harapkan.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Guru menjelaskan pengertian nama dan lambang bilangan.
F Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang cara membandingkan bilangan.
F Guru dan siswa bertanya jawab tentang cara
mengurutkan bilangan.
§ Elaborasi
F Guru meminta siswa mengerjakan soal / latihan yang
diberikan.
F Guru meminta siswa secara bergiliran untuk
mengerjakan soal yang ada di papan tulis.
§ Konfirmasi
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya
jawab untuk mengevaluasi dan memeriksa kembali hasil pekerjaan siswa di papan
tulis.
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
H.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
§ Matematika SD untuk Kelas IV
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1.2.1 Menulis nama dan lambang bilangan
1.2.2 Membandingkan bilangan
1.2.3 Mengurutkan bilangan
|
Tugas Individu
|
Isian
|
o lambang
bilangan dari 890.000 adalah…
o 567.878
… 567.000, notasi yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah…
o 789.000
…778.000, notasi yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah…
o 320.330,
19.799, 189.666, 465.000. urutan bilangan dari yang terkecil adalah…
o 767.00,
345.000, 666.000, 900.000. urutan bilangan dari yang terbesar adalah…
|
Tarakan,19 maret 2012
Mengetahui
Kepala SDN 004 Tarakan Guru
Mapel IPA
Hj.Marwiani,S.Pd Tri
Sutrisno
NIP : 19610913 198201
2 008 NPM :
10.6010.50.064
1 komentar:
GMN DOWNLOADNYA BANG
Posting Komentar